Surat kerja ialah sebuah primadona pertama yang harus kita design sebaik mungkin. Surat kerja merupakan gambaran awal yang menjadi tolak ukur kualtitas kita, kalau awal aja kacau kita gak bisa berharap dech kedepannya akan mulus. Awal direject apalagi interview. Jadi gak heran kalau banyak orang yang mengeluh menjadi pengganguran karena tak pernah dapat panggilan kerja. Di yakini atau tidak baik seorang aktifis maupun bukan, banyak yang melakukan plagiatisme karena ketidaktahuannya dalam membuat surat kerja, padahal membuat surat kerja itu sangat gampang dan mudah. Apakah kini sahabat tripepa masih ada yang galau karena kurang paham dalam membuat surat kerja? Jangan panic dan cemas, inti dari membuat surat ialah jual diri kita secara professional, wkwkwkk…
Disini kami akan membagikan tips mudah membuat surat kerja yang menarik untuk dibaca dan juga mengejutkan yang membaca. Caranya ialah :
- Buatlah Kop surat di sebelah kiri yang mencantumkan perusahaan yang akan anda lamar
- Mulailah line pertama dengan menyapa para pembaca anda
- Lanjut ke line berikutnya , masukkan juga dari mana anda mendapatkan info pekerjaan tersebut
- Mulailah mengeksposkan diri kita, jual sebanyak mungkin achievements yang pernah kita terima. Eksplain sebanyak mungkin bahwa kita memang berkualitas
- Jangan lupa tetap cantumkan kelemahan anda yang memang tidak terlalu berefek negative pada pekerjaan yang akan anda pilih, tunjukkan bahwa kemampuan yang anda miliki melebihi dari kelemahan anda . kelemahan tersebut menunjukkan kalau kita adalah Human being.
- Cantumkan semangat kerja anda lewat contoh kegiatan yang telah sukses baik kegiatan organisasi atau pun kegiatan lain yang related dengan pekerjaan anda
- Tekankan kepada para pembaca anda untuk mempertimbangkan bahwa orang seperti anda sangat langkah untuk di temui sehingga kalau mereka salah membuat keputusan akan fatal akibatnya.
- Jangan terlalu berlebihan juga dalam membuat bait kata, pastikan setiap yang anda tuliskan sesuai dengan diri anda, jangan sampai ketika di surat OK nah di interview malah beda banget hasilnya
- Terakhir tetap katakan thank you dan maaf untuk setiap bait yang berlebihan
Nah.. mudah kan teman – teman?
Masih kurang mantap dengan teori di atas, ok dech kita go to the example :
Versi English
Dear my beloved Readers..
According to the Amazing magazine episode 12 in June,13 2014 that your company is now opened Recruitment. I am Randy WR the skilled accounting from M University would like to join in your company PT Andini Kelengkeng. Joining in your company is an honor for me. Let me join in your company to make me become better and better. Why? Because I can show my talent and let the company educates me and facilitates me to show my talent in accounting division. Accounting is in my hand. I was studying for 4 years at M university, I can handle every problem of money management. It is just like a snack for me that simple and easy to eat. So, let me join in and I will do the best for your company. You might think there are a lot of person like me that have the best skill in accounting but I warn you that just a little person that can handle they time. I am the hard worker and discipline person. Why I say that? Because, I am never wasting my time and my money for useless thing. Starts wake up at 5 am until night at 12 pm many activities I did. Especially studying and helping my parents. I am going to take an English course at 2 pm that help me to mastering English as professional language that led me to be a professional accounting too. I will meet my friend to discuss about the improvement of us and many things I did that all activities are educating me. I also never forget to review some journal to make me more masterly of accounting. I am really understand how important time in our life. Time can’t be holding back. We must use as well as we can. For every activity I will be there at least 5 minutes before the schedule time. I am afraid if there is someone waits for my lateness. Why? Because I know how hard waiting is! The best person is never use the time for unimportant thing. So, I promise myself to say no for lateness. And the finally I am not just saying it but become a habitual for me. Now, I believe your company need the best person to handle your money. Choose me to be your member and let me show all of my talents. Give me a wise decision and thank you for your full attention.
Versi Indonesia
Bapak/ Ibu direksi yang terhormat
Sesuai dengan info yang tertera pada surat kabar “neD” bahwa perusahaan anda kini telah membuka lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, saya Maswan R mengajukan diri untuk bergabung di perusahaan anda. Perusahaan anda yang sedang membutuhkan seorang kepala Hubungan Masyarakat sangat sesuai dengan diri saya. Saya telah menjadi kepala HUMAS di organisasi di jurusan universitas saya. Saya bisa menghandle setiap bentuk hubungan social antara perusahaan dan masyarakat. Setiap permasalahan saya selesaikan serapi mungkin tanpa mengkotak – kotakkan yang satu dengan yang lain. Di samping itu saya juga orang yang ahli dalam bahasa. Dikarenakan perusahaan anda yang kini tengah merilis peningkatannya menuju tingkat internasional, sekali lagi saya adalah orangnya, saya sanggat mahir dalam berbahasa inggris. Dengan displin yang tinggi serta dedikasi yang kuat saya mampu dan sanggup membawa perusahaan anda kearah yang lebih baik lagi. Terlalu banyak orang yang mahir dan pekerja keras didunia ini tapi hanya sedikit sekali orang yang jujur. Kali ini saya mengaku bahwa saya bukanlah orang yang satu – satunya pintar dalam berbahasa tetapi masalah keuangan yang pernah saya handle tak sepeserpun pernah hilang tanpa adanya pertanggung jawaban. Itulah saya yang jiwa tanggung jawab tinggi. Saya yakin dan percaya bahwa setiap permasalahan itu harus saya selesaikan sesempurna yang saya bisa, karena saya tidak mau di kematian saya menanggung beban – beban yang seharusnya sudah selesai. Menjadi member diperusahaan anda adalah hal yang sangat membahagiakan untuk saya demi pencapaian target perusahaan anda dan memfasilitasi diri saya untuk mengembangkan skill yang saya punya. Berikan saya keputusan yang bijak agar kita berdua menjadi pihak yang saling beruntung.
Terimakasih untuk waktu anda dan maaf atas segala kata yang salah
Salam
Maswan R
Pesan terakhir buatlah surat tersebut dengan kata- kata anda sendiri, senatural mungkin agar pembaca memang benar – benar enjoy dengan surat anda.
Ok dech.. sukses ya buat yang merilis surat kerja untuk perusahaan semoga segera diterima di perusahaan tersebut. amin…. Kalau uda diterima entar, jangan lupa invite admin tripepa untuk makan bareng ya? Wkwkwkkk..
Salam sukses dari kami, Tripepa.com
0 Komentar untuk "Cara Membuat Surat Kerja"